Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 April 2012

Sumber akarnya

Shalom sahabat,
Akar kehidupan kerohanian kita ialah Kristus, sama seperti akar pohon yang akan menyerap unsur-unsur hara di dalam tanah yang berguna bagi kehidupan kita, demikian juga akar kerohanian kita menyerap unsur-unsur terbaik dari Kristus. Setiap unsur yang kita serap dari Kristus akan meningkatkan kualitas kehidupan kita. Tuhan mengajak kita untuk memperhatikan satu-satunya sumber yang ada pada kita untuk menerima apa yang akan diberikanNya yaitu akar kita. Akar memang merupakan bagian dari pohon atau kehidupan kita yang tidak terlihat, tetapi sangat menentukan keadaan yang terlihat di dalam kehidupan.
Apabila kita memiliki akar yang sehat, maka kita akan menerima hal-hal terbaik di dalam Tuhan. Sebaliknya apabila akar kita tidak sehat, maka hal-hal terbaik dari Tuhan akan menjadi tertahan dan mengakibatkan berbagai penyakit yang iblis tabur menguasai dan merusak kualitas kita. Roma 11: 18 berkata, "Janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.". Kemampuan kita ditentukan oleh seberapa kuat dan dalamnya akar yang kita miliki.

Dengan memelihara akar kehidupan kita, kita sedang memelihara dan meningkatkan kualitas kehidupan kita untuk menerima hal-hal terbaik dari Tuhan. Yeremia 17: 8 berkata bahwa orang yang memiliki akar yang sehat, “Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.”. Akar yang sehat perlu terus merambat masuk lebih dalam ke dalam tanah untuk menemukan lebih banyak air yang akan menghasilkan batang, ranting, daun bahkan buah yang berkualitas. Sebagaimana dikatakan oleh Kolose 2: 7 bahwa “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia....". Akar yang sehat tidak dapat dicabut dengan mudah sebesar apapun terpaan yang datang, akar itu akan tetap tertanam dan tertancap di dalam tanah sehingga pohon yang dihasilkan begitu kuat dan kokoh.

Akar rohani yang tidak sehat atau kering tidak hanya membuat  hal-hal terbaik dari Tuhan akan menjadi tertahan dan mengakibatkan berbagai penyakit yang iblis tabur yang merusak kehidupan kita. Berbagai pergumulan dan masalah dapat dengan begitu mudah menggesar dan menghancurkan kita saat akar kerohanian kita lemah. Inilah yang perlu diperhatikan agar akar kerohanian kita tidak rapuh. Ibrani 12: 15 menegaskan, "Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.".  Tuhan mengingatkan bahwa akar yang rapuh menghasilkan kualitas yang buruk dan menjatuhkan. Akar yang kering seringkali memberi iblis celah besar untuk meletakkan kekecewaan, keputus-asan, kemalangan, penyakit bahkan kelayuan di dalam kehidupan kita.

Sahabat,
Kualitas buah sangat ditentukan oleh akar, dan tidak ada kualitas yang luar biasa tanpa akar yang sehat. Sangat perlu agar akar kehidupan anda terus merambat lebih dalam ke dalam tanah untuk menyerap setiap unsur anugerah Allah.Perhatikan keadaan akar kerohanian anda saat ini, pastikan bahwa akar kehidupan anda benar-benar sehat terpelihara di dalam Tuhan sehingga tidak ada sesuatupun yang dapat menahan hal-hal terbaik pemberian Allah di dalam kehidupan anda!
Tuhan Yesus memberkati............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.