Total Tayangan Halaman

Senin, 12 Maret 2012

Batas Pergaulan

Shalom sahabat,
pergaulan merupakan proses sosialisasi umum yang dilakukan setiap individu sebagai bukti bahwa kita tidak dapat hidup sendiri dan Tuhan memang tidak menciptakan kita sebagai orang-orang yang hidup sendiri karena perbedaan, melainkan orang-orang yang berkelompok dan memiliki
persatuan melalui setiap perbedaan yang ada. Pergaulan merupakan dasar dari setiap hubungan baik itu hubungan kerohanian, keluarga, persahabatan/pertemanan, maupun pacar. Pergaulan tidak dapat dibatasi oleh suku, ras, bangsa maupun agama apapun, tetapi pergaulan harus dibatasi dengan hal-hal yang baik dan yang buruk.

Pergaulan yang tidak dibatasi oleh perbedaan tidak berarti bahwa pergaulan itu ialah pergaulan yang bebas, perbedaan tersebut harus kita nilai dari sudut psikologi antara yang baik dan yang buruk. Pergaulan tanpa perbedaan dapat terjadi di tempat terbuka, sedangkan pergaulan bebas lebih sering terjadi di tempat tertutup. I Korintus 15: 33b berkata, "Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." Dengan kesadaran penuh kita harus mengenal keadaan di dalam pergaulan kita, karena pergaulan akan membentuk karakter kehidupan kita.

Ada beberapa kriteria pergaulan hidup yang terjadi di sekitar kita:

*PERGAULAN ROHANI
Banyak orang kurang memperhatikan pergaulan ini, akan tetapi pergaulan ini sangat penting. Pergaulan ini dapat berarti sebagai orang-orang yang hidup dengan bergaul kepada Tuhan dan juga ada orang-orang yang hidup bergaul dengan iblis. Pergaulan dengan Tuhan terjadi melalui saat teduh, persekutuan dan ibadah, sedangkan pergaulan dengan iblis dilakukan melalui ritual, ramalan, dan dosa.

*PERGAULAN UMUM
Pergaulan inilah yang menjadi dasar dari pembentukkan keluarga, persahabatan, komunitas, sampai kepada sebuah masyarakat. Bergaul secara umum membuat kita mengenal dunia yang luas, mengenal pentingnya arti sebuah hubungan dalam konteks yang baik dan benar. Orang yang mempunyai pendirian dan komitmen sejati dapat membatasi pergaulannya, dan pergaulan yang dijalaninya tidak akan membawanya kepada kejatuhan dosa melainkan pergaulan yang dibatasi dengan baik dan benar akan membawanya bersaksi dan berbagi berkat dengan banyak orang. Berkatpun akan mengalir dimanapun ia berada.

*PERGAULAN KHUSUS
Pergaulan khusus ialah upaya untuk menjalin perjalanan hidup dengan pasangan hidup. Bergaul secara khusus untuk mengenal seseorang yang akan menja
di pasangan hidup anda. Pergaulan khusus ini sangat berbahaya bila tidak disingkapi dengan benar, karena pergaulan khusus ini sifatnya tertutup dan diperlukan kekudusan untuk menempuhnya hingga maut.

Sahabat,
intinya bergaul ialah untuk mengadakan sebuah hubungan. Ketika anda menyadari bahwa komunitas tempat pergaulan anda ialah tempat yang akan menghancurkan anda, keluarlah dan pisahkan diri anda dari mereka. Pergaulan tidak dapat diisi dengan cermilan-cermilan dosa, karena sebagaimana yang telah dikatakan 'pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik'. Mari kita membentuk pergaulan yang bernuansa positif, yang akan membuat kehidupan kita lebih indah di dalam Tuhan, keluarga, persahabatan dan masyarakat!
Tuhan Yesus Memberkati..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.